Rabu, 15 Juli 2015

Wisata Bahari dan Wisata Alam di Pangandaran

Sunrise di pantai Pangandaran

Salah satu tempat wisata di daerah Jawa Barat yang tepat untuk keluarga dan kerabat. Alam pantai nya dapat kita nikmati antara lain sunrise dan sunset di satu tempat yang sama. Selain alamnya yang menakjubkan, alam bawah laut juga tidak kalah indah, selain berenang di laut, kita juga dapat snorkelling atau diving di Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis, jarak dari Jakarta-Pangandaran ± 356 km, Bandung-Pangandaran ± 237 km dan Yogyakarta-Pangandaran ± 386 km.

asiknya snorkelling di Taman laut Pangandaran

Di Pangandaran juga terdapat sebuah hutan cagar alam yang dilindungi. Di dalamnya terdapat landak, kijang, burung merak dan monyet. Terdapat sebuah teluk kecil dan tumbuhan bakau di dalam Taman Nasional, di Pananjung juga terdapat beberapa gua yang menarik dikunjungi, seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal dan juga gua peninggalan Jepang saat Perang Dunia II.

Taman Wisata Alam dapat dituju dengan dua pintu masuk, yaitu melalui pintu Pantai Barat dan pintu Pantai Timur. Pantai Timur adalah kawasan pelabuhan nelayan yang memiliki ombak yang tenang dan lautnya yang dalam tetapi jarang direnangi hanya sekadar untuk memancing atau atraksi permainan air.

Cagar Alam Pangandaran

Berbeda dengan Pantai Barat yang merupakan kawasan wisata dengan banyak tempat makanan, penginapan, toko-toko souvenir, penyewaan papan selancar kecil, atv, tatoo, berenang, perahu pesiar, memancing, berkeliling dengan sepeda, para sailing, jet ski, dan sebagainya dan lainnya.

Pangandaran adalah kawasan pantai yang terletak di bagian selatan Kabupaten Ciamis, provinsi Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di koordinat 108035’ 108041’ T dan 7040’10” – 7040’20” S. Iklim umumnya relatif ringan dengan suhu berkisar antara 250 C sampai 350 C dengan tingkat kelembapan pada 80-90%.



Kabupaten Pangandaran yang ibukota nya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Jalur Darat dan Udara ke Pangandaran :


Dari Jakarta ke Pangandaran bisa melalui Bandung - Tasikmalaya - Kota Banjar, bisa naik bis dari Kp. Rambutan-Pangandaran, anda bisa menggunakan bis langsung menuju terminal pangandaran yang berjarak ± 300 meter menuju gerbang masuk pantai.

Perahu Wisata menerjang ombak samudra pangandaran

Dari Bandung ke Pangandaran, naik bis Bandung-Pengandaran via Tasikmalaya-Banjar, anda bisa naik bis dari Terminal Cicaheum Bandung. Bis yang melayani angkutan Bandung-Pangandaran adalah Bis Budiman, ada banyak pilihan AC dan Non-AC.

Dari Yogyakarta ke Pangandaran, bisa naik bis Yogyakarta-Pangandaran via Cilacap-Kalipucang
Atau bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, gunakan jalur yang sama seperti di atas.

Jalur Udara Menggunakan Pesawat Susi Air


Bandung: Bandara Husen Sastranegara - Pangandaran Bandara Nusawiru
Jakarta: Bandara Halim Perdanakusuma - Pangandaran Bandara Nusawiru

Pangandaran berasal dari kata pangan dan daran yang artinya pangan adalah makanan dan daran adalah pendatang, sehingga banyak orang di daerah pangandaran yang berjualan atau membuka usaha bukan dari asli penduduk Pangandaran. Posting Lebih Baru Posting Lama

    Share This

0 komentar:

Posting Komentar

comments by Disqus