$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Penting Diketahui, Sebelum Beraktivitas Body Rafting di Citumang Pangandaran

Aktivitas Body Rafting yang paling populer dan terkenal paling hemat dan murah biaya adalah di Green Valley Sungai Citumang Pangandaran.

aktivitas body rafting di citumang

Citumang Pangandaran merupakan salah satu sungai yang ada ditengah hutan. Arus air di sungai ini tergolong sedang dengan arah menuju sebuah goa. Kini tempat tersebut dijadikan sebagai objek wisata terkenal di Pangandaran. Setiap wisatawan yang datang akan dimanjakan dengan keindahan alam yang asri dan udara sejuk tanpa polusi.

Tidak seperti sungai pada umumnya, destinasi ini sengaja dikelola oleh masyarakat setempat berkolaborasi dengan Perum Perhutani. Hingga saat ini berhasil menembus kategori wisata alam terfavorit se Jawa Barat. Hal ini tidak terlepas dari kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar hingga hulu sungai bersih terawat.

Pangandaran, Jawa Barat memang tidak pernah ada habisnya untuk dieksplor. Wilayah selatan Pulau Jawa ini memiliki kondisi geologis bervarisasi mulai dari pegunungan, dataran tinggi, pantai, taman nasional hingga sungai. Tidak heran jika banyak turis lokal maupun mananegara datang berbondong-bondong ke tempat tersebut.

Terlebih bagi para pecinta olahraga air seperti body rafting, Citumang menjadi lokasi yang tepat untuk kamu kunjungi. Sungai ini memiliki arus ukup deras, disekelilingnya terdapat kawasan hutan nan rimbun dan kaya ekosistem alami. Letak destinasi wisata satu ini berada di Desa Bojong, Keamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat.

[post_ads]

1# Sejarah Citumang Pangandaran yang Masih Melekat Kental di Masyarakat

Dibalik keindahan yang ditawarkan destinasi wisata satu ini, rupanya ada mitos yang masih melekat kental di masyarakat hingga saat ini. Pada zaman dulu saat kerajaan di Indonesia mulai mengalami keruntuhan, ada seorang utusan yang ditugaskan untuk menggali informasi penyebab keruntuhannya.

Jika pernah ada yang mempertanyakan, apakah di Citumang ada Buaya? mungkin legenda inilah yang menjadi jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Disepanjang perjalanannya, ia melewati banyak sungai. Dari sekian banyak sungai ia tapaki, ada satu yang kering tanpa air hingga membuatnya berhenti sejenak. Kondisi tersebut membuat rombongan utusan itu menepi dan memutuskan tidak melanjutkan perjalanan. Tidak ada satupun dari mereka yang mengetahui penyebab sungai kering.

Tanpa disangka-sangka muncullah seekor buaya putih. Salah satu rombongan utusan kerajaan menjadi korban sasaran makhluk astral tersebut. Setelah kejadian itu, air sungai kembali mengalir dengan derasnya. Di bagian ujungnya terdapat sebuah curug menyerupai sebuah tungku.

Oleh sebab itu, masyarakat setempat menyebutnya dengan sungai Citumang. itu berarti tungku yang menjadi filosofi timbulnya kembali mata air di tempat itu. Saat ini masyarakat setempat masih meyakini jika siluman buaya putih masih menghuni di lokasi tersebut dan menjaga sungai tetap mengalir meskipun saat kemarau panjang.

Citumang Body Rafting Pangandaran

2# Hunting Foto dan Body Rafting bisa diLakukan di Tempat ini

Bagi pencinta wisata ke alam terbuka dan hunting foto menarik, maka jangan menunda lagi untuk berkunjung ke tempat ini. Kondisi alamnya sangat alami dan belum terjamah oleh campur tangan manusia. Disini kamu bisa menemukan spot keren dan cocok dijadikan latar foto yang bisa diambil dari sudut manapun.

Setelah puas berfoto, selanjutnya cobalah olah raga air dengan body rafting. Olah raga ini sangat seru dan dapat memacu adrenalin kamu. Di akhir pekan banyak pengunjung yang memadati destinasi tersebut, setidaknya ada 1500 pengunjung setiap harinya dan angka tersebut melonjak hingga dua kali lipat saat musim liburan tiba.

Rupanya body rafting Citumang telah dikembangkan sejak 2006 oleh masyarakat setempat. Kemudian mulai dibuka untuk umum pada 27 Februari 2007. Ketenarannya mulai terendus hingga ke luar negeri dan rupanya banyak turis asing yang tertarik untuk mencoba body rafting disini.

Pengunjung yang ingin mengikuti body rafting diwajibkan mengikuti arahan dari pemandu demi menjaga keselamatan dan keamanan. Untuk melakukannya ajaklah teman atau kerabat sehingga kamu bisa menyusuri sungai seara berkelompok. Tidak perlu merasa emas meskipun ini menjadi pengalaman pertama kamu.

Sebab selama perjalanan tersebut, akan dipandu oleh petugas hal dan terlatih yang siap mendampingi kamu hingga penghujung tour. Selain itu, setiap pengunjung juga diberikan alat pengaman meliputi pelampung, pelindung kepala dan sandal karet.

Pertama-tama kamu akan diajak berjalan menuju pintu hulu sungai berjarak 900 meter. Setelah itu kamu akan segera memulai petualangan menjelajah sungai dengan jarak 1,5 hingga 2 km. Waktu yang dibutuhkan untuk body rafting mengarungi sungai yakni selama 2,5 hingga 3 jam tergantung arus sungai.

Citumang Body Rafting Pangandaran
kolam renang anak-anak di taman Citumang
Kolam Renang Anak-anak, jika ada anggota keluarga yang tidak bergabung Body Rafting, anak-anak bisa berenang di kolam ini. Citumang memang obyek wisata alam yang ramah untuk keluarga, anak-anak dan orang tua.

3# Fasilitas yang Ada di Citumang: Bisa Berenang di Kolam Renang

Menjelajah sepanjang hulu sungai maka kamu akan disuguhkan bentangan alam yang tampak begitu indah. Selain itu cobalah untuk berenang dengan meloncat dari batu sungai dari ketinggian. Selama perjalanan kamu menuju hulu sungai, pemandu akan mengajak pengunjung menikmati train water.

Di mana seluruh peserta diminta saling berpegangan memanjang mengikuti derasnya arus sungai hingga akhir perjalanan. Perlu kamu ketahui jika peralatan body rafting sudah tersedia dalam paket untuk setiap pengunjung. Puas menikmati olahraga air satu ini selanjutnya kamu diajak menikmati suguhan khas Sunda yang dipersiapkan oleh pihak pengelola.

saung, gazebo tempat nongkrong di Citumang taman bermain di Citumang toilet untuk umum di Citumang

Menu lezat seperti nasi liwet, ayam bakar, ikan asin, sambal pedas dan lalapan terasa pas sekali di saat perut terasa lapar setelah body rafting. Fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati seara gratis di lokasi wisata yaitu toilet, mushola, ruang ganti serta area parkir luas. Tersedia juga beberapa minimarket yang berada di dekat area parkir.

Setiap tahunnya pengelola selalu melakukan evaluasi terkait fasilitas yang berada di tempat wisata. Selain itu mereka juga berusaha memberikan kemudahan terkait pelayanan pembelian tiket. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung betah berada di lokasi dan berkenan untuk datang kembali di lain waktu.

kendaraan pick up shuttle untuk angkutan peserta yang kendaraannya parkir di rest area Citumang
Kendaraan dan Mobil Shuttle. Khusus untuk penumpang yang kendaraannya (Bis Medium dan Besar) harus parkir di Rest Area Citumang. Sewa antar jemput hanya Rp. 200.000/mobil dengan kapasitas angkut 10-15 orang

4# Bis Besar, Tidak Bisa Memasuki Lokasi Parkir Citumang

Letak wisata Citumang body rafting yakni di Desa Bojong, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Kamu bisa menempuhnya menuju pusat kota Pangandaran kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 15 km. Ada jalur alternative lain yakni melalui Jalan Raya Pangandaran menuju ijulang.

Dari sini kamu hanya perlu mengendara sejauh 4 km untuk sampai di lokasi wisata. Disepanjang perjalanan, mata disuguhkan pemandangan bentangan alam nan hijau dan asri yang membuat kamu betah berlama-lama. Sementara untuk harga tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 150.000 per orang inlude sewa peralatan body rafting.

Para penumpang Bis Besar, akan di jemput oleh kendaraan khusus shuttle dari Rest Area Citumang di Jalan Raya Cijulang hingga ke lokasi Citumang pulang pergi. Kapasitas per unit antara 10 hingga 15 orang dengan biaya sewa Rp.200.000 untuk antar dan jemput

Area parkir Citumang, hanya bisa memuat untuk kendaraan kecil dan pribadi. Bus Medium dan Besar tidak akan bisa memasuki jalan-jalan kecil arah ke Citumang, namun untuk kondisi ini telah disediakan area parkir kendaraan besar di Rest Area Citumang di jalan raya Cijulang.

Santirah River Pangandaran
double track green valley plus citumang
Green Valley + Citumang, adalah spesial spot sebagai tambahan untuk aktivitas Body Rafting, tambahan aktivitas selama 1 (satu) jam untuk spot Green Valley sehingga total kegiatan memerlukan waktu selama 3 jam.

5# Total perlu 3 jam Body Rafting Dengan Spot Tambahan "Double Trek" Citumang + Green Valley

Jam operasional dimulai pukul 07.00-18.00 setiap hari. Tips berkunjung, disarankan datang di musim kemarau sebab pemandangan alam lebih indah serta akses jalanan tidak liin. Jika ingin datang di hari libur atau akhir pekan, pastikan memesan tiket beberapa hari sebelumnya guna mengantisipasi tiket habis.

Spot Green Valley tidak terlalu populer bagi kalangan wisatawan. Ambil jadwal terpagi jika berencana menambah double track Body Rafting Citumang dan Green Valley. Puas beraktivitas di Citumang dan 3 jam milikmu terbuang tidak sia-sia di lokasi yang tenang dan damai ini

Menuju spot Green Valley, kamu harus jalan kaki, trekking ke bukit diatas Goa Citumang sekitar 15 menit, melintasi jalan setapak yang sudah tertata apik. Dan durasi waktu untuk spot ini bertambah 1 (satu) jam lebih puas untuk Explore seluruh kegiatan alam dan sungai di Citumang.

Para pengunjung Citumang sedang antri memasuki area body rafting saat liburan
Citumang Padat Pengunjung. Situasi yang sangat tidak menyenangkan saat Liburan Panjang di Citumang. Pengunjung antri perlengkapan dan pemandu secara bergantian, hingga menyebabkan antrian panjang

6# Waktu Yang Tepat ke Citumang adalah Pagi Hari, Awal Kemarau dan Bukan Saat Liburan

Waktu terbaik untuk beraktivitas Body Rafting di Citumang adalah jadwal pertama di pagi hari, saat cuaca dan air sungai jernih Anda beserta rombongan dapaat menikmati beraktivitas di sungai Citumang sekaligus mendapatkan pesona alamnya dengan damai dan tenang.

Awal kemarau di Sungai Citumang kondisi air masih terlihat jernih, debit mencukupi dan pengunjung tidak terlalu padat adalah situasi yang diidam-idamkan semua wisatawan saat berkunjung ke Citumang.

Hindari datang ke Citumang saat Liburan Panjang, Sekolah, Nasional (lebaran dan tahun baru), jika anda tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengantri gantian perlengkapan dan pemandu Citumang. Jika harus terpaksa karena hanya punya waktu terbatas, ambil jadwal terpagi yang bisa dilakukan, sebelum akhirnya pengunjung lainnya berjubel berdatangan

Bawalah perlengkapan pribadi mulai dari baju ganti, makanan ringan, minuman, dan juga kamera serta kebutuhan lain yang kamu perlukan. Apabila kamu ingin bermalam di sekitar objek wisata, direkomendasikan mencari penginapan di sekitar pantai selatan Pangandaran. Berkunjung bersama rombongan dalam jumlah banyak pasti lebih menyenangkan. Selain itu kamu berhak mendapatkan penawaran harga tiket masuk wisata Citumang lebih murah.

Citumang wisata body rafting ramah untuk anak, orang tua dan keluarga anda

7# Wisata Citumang: Ramah Untuk Anak, Orang Tua dan Keluarga

Bagian paling seru untuk aktivitas Body Rafting di Citumang adalah bersama rombongan, bukan sendiri. Setidaknya dengan beberapa pasangan, keluarga, teman sekantor atau se genk. Karena aktivitas bermain di sungai ini memang dirancang bukan sebagai aktivitas perorangan melainkan kelompok.

Grade atau Tingkat kesulitan jeram dan riam di Citumang tergolong paling rendah. Sangat aman untuk bermain air dengan anak dan orang tua. Tentu saja hindari saat musim penghujan atau banjir jika membawa anak dan orang tua ke Citumang

Siapkan Pelampung untuk ukuran anak, meski arus deras Citumang tergolong tidak berbahaya, bukkan berarti tidak mempersiapkan perangkat keamanan dan kenyamanan terabaikan. Sebaiknya semua anggota menggunakan pelampung badan atau life jacket, ukuran standart yang tersedia adalah untuk dewasa, sedangkan ukuran anak, sebaiknya dipersiapkan sebelumnya membawa dari rumah.

tips mendapatkan tiket murah untuk body rafting di Citumang Pangandaran

8# Jangan Beli Tiket Langsung Di Lokasi, Dijamin Kecewa!

Paragraf ini adalah bagian terakhir setelah Anda sudah memahami potensi dan tips untuk berkunjung wisata di Citumang Pangandaran. Bagaimana cara hemat pesan atau booking tiket Citumang agar mendapatkan harga yang normal dan wajar adalah memesan sebelum datang kelokasi.

Tidak tersedia loket khusus untuk pemesanan paket Body Rafting di Citumang, jika Anda datang ke lokasi dan belum membawa tiket, Anda akan bertemu dengan para sales dan penjaja tiket di sepanjang jalan di lokasi parkir kendaraan. Mereka akan memberikan dengan harga yang cukup bervariasi, dari tinggi hingga terendah. Dan seandainya harga tidak cocok, apakah Anda bersedia keluar dan mengurungkan niat untuk beraktivitas di Citumang?

Dengan pertimbangan mendapatkan harga yang pasti, langkah terbaik adalah memesan tiket Citumang sebelum kedatangan ke lokasi. Pertimbangan yang penting adalah masalah kepastian harga paket dan persiapan dan ketersediaan pemandu body rafting Citumang.

Pengelola Citumang untuk Body Rafting yang dikelola oleh masyarakat desa setempat telah memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para personal dan agen wisata untuk menjual tiket dengan patokan harga yang telah disepakati. Akhirnya bertebaran penawaran paket rafting Citumang di sosial media hingga website. Anda bisa memilih dan memilah harga terbaik dan memesannya, ini adalah langkah cerdas ketimbang tawar menawar di lokasi

COMMENTS

body rafting green canyon
paket body rafting green canyon
paket body rafting Citumang - Green Valley Pangandaran
Nama

aktivitas,4,batu hiu,2,batu karas,2,body rafting,5,channel,3,citumang,3,ciwayang,1,destinasi,10,greencanyon,4,informasi,3,offroad,1,panetean,1,pangandaran,6,pantai,3,rental mobil,1,sunrise,1,surfing,1,tiket,1,tips,1,wisata perahu,3,
ltr
item
Wisata Pangandaran: Penting Diketahui, Sebelum Beraktivitas Body Rafting di Citumang Pangandaran
Penting Diketahui, Sebelum Beraktivitas Body Rafting di Citumang Pangandaran
Aktivitas Body Rafting yang paling populer dan terkenal paling hemat dan murah biaya adalah di Green Valley Sungai Citumang Pangandaran.
https://1.bp.blogspot.com/-463xnj1_tDc/X9hMOG5eeiI/AAAAAAAAAXY/hUlAgiL-k2kUaPTa6ydsQHd_vLoUF6v8QCNcBGAsYHQ/s0/body-rafting-citumang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-463xnj1_tDc/X9hMOG5eeiI/AAAAAAAAAXY/hUlAgiL-k2kUaPTa6ydsQHd_vLoUF6v8QCNcBGAsYHQ/s72-c/body-rafting-citumang.jpg
Wisata Pangandaran
https://www.explorepangandaran.com/2020/12/body-rafting-citumang-pangandaran.html
https://www.explorepangandaran.com/
https://www.explorepangandaran.com/
https://www.explorepangandaran.com/2020/12/body-rafting-citumang-pangandaran.html
true
169626729264806208
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy