$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

River Tubing Santirah Wisata, Asik Untuk Wisata Keluarga dan Anak-anak

Pengarungan arus deras di sungai Pangandaran, selain dengan aktivitas Body Rafing, Green Santirah Selasari memperkenalkan River Tubing, lebih seru!!

river tubing di green santirah pangandaran

Green Santirah kini oleh para wisatawan sebagai lokasi untuk aktivitas wisata air yang terletak di Pangandaran, Jawa Barat. Destinasi satu ini memang tergolong baru di wilayah tersebut. Lokasi persisnya berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Sungai ini merupakan spot berenang yang pada dasarnya telah dibuka sejak Maret 2014 lalu.

Mengunjungi wisata ini, kamu bisa menguji adrenalin mengikuti arus sungai menggunakan ban besar. Tentu aktifitas river tubing ini benar-benar seru dan mengesankan bagi yang baru saja menjajalnya. Seperti di ketahui juga river tubing saat ini menjadi favorit anak muda dan termasuk sebagai olahraga di sungai yang menantang.

Menyusuri sungai Pangandaran dengan arus sungai yang cukup deras menjanjikan spot-spot menarik layaknya di Green Canyon dan Green Valley. Tidak perlu khawatir jika baru pertama kali melakukan sebuah river tubing sebab aktifitas ini dipandu oleh para tenaga professional. Sehingga keselamatan dan keamanan seluruh pengunjung terjamin.

Ide pembukaan sebuah sungai sebagai objek wisata river tubing dikemukakan oleh para pemuda dan warga desa Selasari. Mereka memiliki ide untuk menjadikan sungai di tempat tersebut menjadi sebuah destinasi seru hingga berhasil menarik perhatikan warga Pangandaran dan sekitarnya. Tidak jarang wisatawan luar kota berbondong-bondong datang ke tempat ini.

Seputar Wisata Santirah dan River Tubing

Saat mengunjungi tempat ini, kamu akan melewati terowongan sangat panjang. Sepanjang perjalanan menembus terowongan, mata akan dimanjakan dengan cave gua yang begitu memukau. Jarak tempuh atau rute river tubing ini sepanjang 2 kilometer. Melewatinya dengan ban besar akan memacu adrenalin.

Jika ingin mencoba river tubing di sungai ini maka bisa berkunjung ke Pangandaran. Tempatnya tidak jauh dari pusat kota yaitu sekitar 15 hingga 17 kilometer saja. Kegiatan river tubing di Green Santirah setidaknya akan memakan waktu selama 3 hingga 4 jam sudah termasuk istirahat dan jeda.

Pada akhir pekan, banyak sekali para pengunjung yang berdatangan baik dari Jawa Barat maupun luar kota. Bahkan ada juga lho beberapa turis asing disini, mereka ingin mencoba langsung keseruan rafting di tempat wisata yang makin populer tersebut.

Selain lokasinya cukup strategis, destinasi ini juga dihiasi dengan kondisi alam nan hijau. Disepanjang perjalanan menuju lokasi rafting, mata dimanjakan oleh pemandangan alam yang masih asri dan sejuk. Setelah itu akan berlanjut dengan keseruan rafting menggunakan ban water tubing.

Tidak perlu takut untuk bergabung bersama rombongan, sebab peralatan yang digunakan telah dipastikan dengan uji keamanannya. Selain itu juga ada beberapa pelindung tambahan seperti sepatu, helm dan juga pelampung yang bisa disewa langsung di lokasi.

Harus diketahui jika river tubing pada wisata ini berbeda dengan arung jeram, di mana olahraga air satu ini menggunakan perlengkapan perahu dari ban bekas dan mengandalkan sebuah kekuatan badan dan tidak menggunakan dayung. Tubuh akan berjalan mengikuti alur sungai bersama tubing, kemudian untuk mengendalikannya secara mudah gunakanlah bagian tangan dan kaki.

Perhatikan ini Sebelum Ikut Body Rafting Santirah

River Tubing menjadi salah satu olahraga air paling menyenangkan terlebih saat arus sungai mengalir cukup deras. Sebelum melakukannya, ada beberapa perhatian yang wajib kamu ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Kriteria usia

Kegiatan river tubing tidak diperbolehkan dilakukan oleh orang berusia dibawah 3 tahun. Bahkan dianjurkan bagi pengunjung yang memiliki kemampuan untuk berenang. Jika tidak bisa berenang maka mintalah pemandu untuk selalu mengawasi sekaligus mendampingi kamu selama kegiatan body rafting berlangsung.

2. Tidak memiliki riwayat penyakit

Sebelum bergabung bersama rombongan untuk menelusuri arus sungai, kesehatan kamu harus dipastikan terlebih dahulu. Penderita gangguan pernapasan seperti asma, penyakit gagal ginjal, jantung, epilepsy serta penyakit berbahaya lainnya tidak diperkenankan untuk mengikuti river tubing di Santirah. Terlebih bagi yang tengah menjalani perawatan khusus dari dokter.

3. Hindari membawa barang berharga

Setiap pengunjung tidak dianjurkan membawa barang berharga seperti handphone, perhiasan, dompet ataupun benda lainya. Sementara untuk dokumentasi, akan ada tim khusus yang melakukannya khusus untuk kamu. Kemudian di akhir sesi body rafting, mintalah hasil jepretan foto maupun video.

4. Membawa makanan seperlunya

Pengunjung memang di izinkan membawa makanan, namun dalam jumlah wajar dan seperlunya saja. Selain itu, makanan tersebut harus dibungkus menggunakan dry bag dan dilarang keras membuang sisa makanan ke sungai.

5. Perhatikan arahan dan instruksi

Selama kamu mengikuti river tubing Santirah, pastikan selalu mengikuti arahan, instruksi dan teknik dari pemandu. Apabila saat penjelasan ada yang belum dipahami segera ajukan pertanyaan dan merasa sungkan agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar.

Tarif Tiket Masuk dan Fasilitas di Tepat Wisata

Sebelum berangkat ke wisata olahraga air di Pangandaran tersebut, ada baiknya jika mengetahui tarif tike masuk berikut fasilitas yang bisa didapatkan. Sehingga bisa mempersiapkan budget yang dibutuhkan serta mendapat informasi dengan jelas. Jika ingin datang bersama rombongan maka lakukan koordinasi terlebih dahulu.

Tarif masuk wisata river tubing Santirah dibanderol dengan harga seratur ribu rupiah setiap pengunjung. Dengan waktu kunjungan selama dua hingga tiga jam, pemesanan bisa dilakukan dari berbagai agen wisata kepercayaan kamu maupun secara online dari situs internet. Wisata ini mulai beroperasi dari pukul 07:30 setiap harinya.

Sementara pemesanan tiket bisa dilakukan H-2 sebelum keberangkatan. Fasilitas yang bisa didapatkan include tiket masuk yaitu meliputi peralatan river tubing, dokumentasi foto dan video, pemandu, parkir serta toilet umum dan tempat ibadah seperti mushola. Pemesanan tiket untuk rombongan maka kamu berhak mendapat harga spesial.

Pada hari libur dan akhir pekan, wisata Santirah biasanya ramai pengunjung sehingga aktifitas body rafting sangat padat dan terkadang menuntut pengunjung untuk rela antri. Jika ingin menjadwalkan kedatangan pada watu high season disarankan memesan tiket jauh-jauh hari guna mengantisipasi tiket habis terjual.

Cara untuk Menuju ke Lokasi Green Santirah

Wisatawan yang datang dari arah Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, maka direkomendasikan untuk menempuh perjalanan menuju lokasi wisata dari jalur tol Padalarang. Kemudian exit toll Cileunyi, setelah itu bisa langsung menuju ke Tasikmalaya.

Dari Tasik selanjutnya kamu akan menemui dua arah, yakni arah melalui jalur satu atau timur dengan melewati kota Tasik, Ciamis, Pangandaran, Parigi dan Cijulang. Sementara jalur kedua atau selatan lebih cepat yakni 60 km saja. Untuk itu gunakan jalur selatan untuk mempersingkat waktu perjalanan menuju wisata Santirah.

Jika ingin bermalam, maka pilihan tinggal satu malam di penginapan sekitar Pangandaran menjadi rekomendasinya. Sementara waktu paling tepat untuk berwisata ke destinasi kamulan Pangandaran ini, kamu bisa memilih akhir pekan dan memulai perjalanan di pagi hari.

Mengikuti body rafting ini akan sangat menyenangkan bersama kerabat atau teman secara berombongan. Jika ingin datang kondisi lenggang tidak terlalu padat pengunjung maka datanglah saat hari biasa. Wisatawan juga disarankan mengunjungi wisata Santirah di luar musim hujan sehingga arus sungai tidak terlalu deras.

COMMENTS

body rafting green canyon
Nama

aktivitas,3,batu hiu,2,batu karas,1,body rafting,1,channel,1,destinasi,8,greencanyon,2,informasi,1,pangandaran,5,pantai,3,sunrise,1,surfing,1,
ltr
item
Wisata Pangandaran dan Green Canyon Indonesia: River Tubing Santirah Wisata, Asik Untuk Wisata Keluarga dan Anak-anak
River Tubing Santirah Wisata, Asik Untuk Wisata Keluarga dan Anak-anak
Pengarungan arus deras di sungai Pangandaran, selain dengan aktivitas Body Rafing, Green Santirah Selasari memperkenalkan River Tubing, lebih seru!!
https://1.bp.blogspot.com/-hjCsDhsTSVg/X9VDR72auWI/AAAAAAAAAXE/8BTYUmpcKVEfLUawp51_aeFeFYBOgGy9wCNcBGAsYHQ/s0/green-santirah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hjCsDhsTSVg/X9VDR72auWI/AAAAAAAAAXE/8BTYUmpcKVEfLUawp51_aeFeFYBOgGy9wCNcBGAsYHQ/s72-c/green-santirah.jpg
Wisata Pangandaran dan Green Canyon Indonesia
https://www.explorepangandaran.com/2020/12/river-tubing-green-santirah-selasari.html
https://www.explorepangandaran.com/
https://www.explorepangandaran.com/
https://www.explorepangandaran.com/2020/12/river-tubing-green-santirah-selasari.html
true
169626729264806208
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy