Kamis, 02 April 2015

Batu Hiu: Pantai Tebing Karang

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu merupakan pantai landai yang cocok untuk bersantai. Dinamai Batu Hiu karena 200 meter dari bibir pantai, terdapat batu karang yang menyerupai sirip ikan hiu.

Tebing karang yang menjorok ke laut, adalah ciri khas panorama di Pantai Batu Hiu. Batu karang tersebut bisa kita lihat dari atas bukit. Melalui gerbang yang berbentuk patung kepala ikan hiu, kita bisa menapaki bukit kecil dan menikmati pemandangan indah Samudera Indonesia.
Batu Hiu terdapat sajian menarik karena didalamnya terdapat upaya konservasi penyu yang muncul dan dikelola oleh kelompok masyarakat peduli, sempatkan waktu sejenak untuk proses belajar dari semangat para pelestari alam.

Bersantai di pantai Batu Hiu

Masih di daerah Pangandaran, Pantai Batu Hiu sangat indah untuk spot foto-foto, terdapat juga penangkaran penyu. Berjarak ± 14 km dari Pangandaran terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

Kenapa di namai Batu Hiu? Karena terdapat batu karang yang menyerupai sirip Ikan Hiu yang berjarak 100 meter dari tepi pantai. Pantai Batu Hiu merupakan pantai landai yang cocok untuk bersantai. Anda dapat menikmati sunset yang sangat indah.

Pantai Batu Hiu terdapat bukit yang terdapat pohon rindang, dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, anda dapat menyaksikan dan mendengarkan suara gemuruh ombak, dari atas bukit juga anda dapat melihat bentangan laut yang luas Samudra Indonesia.

Ganasnya ombak pantai Batu Hiu

Begitu kita masuk pintu utama Pantai Batu Hiu, kita dapat melihat sebuah gua yang berbentuk kepala Ikan Hiu besar dan ketika berada di dalam gua tersebut, seolah-olah pengunjung sedang berada di dalam rahang hiu dengan banyak gigi yang tajam. Ketika menuju ujung yang lain, pengunjung akan menemukan sebuah pantai di mana pengunjung dapat bermain-main, bercanda gurau, berfoto-foto bahkan bisa memancing.

Ada juga beberapa gua di daerah tersebut, penduduk setempat percaya bahwa salah satu gua ini terhubung ke Cirebon di Pantai Utara. Ada Juga legenda Pantai Batu Hiu yang mewarnai tempat wisata yang sangat indah pemandangannya ini. Ada juga cerita cerita rakyat yang bisa saja di hubungkan dengan Pantai Batu Hiu tersebut.

Legenda Pantai Batu Hiu

Berikut mengenai legenda dan cerita rakyat mengenai Pantai Batu Hiu, bahwa pada abad ke-11 sejumlah pasukan dari kerajaan Mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede tiba di tempat ini. Begitu mereka tiba di darat, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di daerah bukit dan kemudian Aki dan Nini Gede memerintahkan pasukan untuk mencari makanan. Nama dari salah satu pasukan Mataram yang di perintahkan oleh Aki dan Nini Gede itu adalah Ki Braja Lintang.

pesona laut pantai Batu Hiu

Ki Braja Lintang memutuskan untuk mencari ikan dan menangkap Ikan Hiu. Ketika Aki dan Nini Gede mengetahui tentang ini, di perintahkanlah Ki Braja Lintang untuk melepaskan ikan itu kembali ke lautan. Ketika di lepaskan, ikan hiu tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk hiu dan masih bisa dilihat hingga saat ini.

Penangkaran dan Konservasi Penyu Laut Indonesia

Kira-kira 50 meter dari tempat parkir Pantai Batu Hiu, disana kita dapat menjumpai penangkaran penyu . Penangkaran penyu merupakan salah satu objek wisata edukasi di daerah Pangandaran, di sana pengunjung dapat mengetahui beberapa jenis penyu serta perkembang biakannya.

tukik, anak penyu di penangkaran Batu Hiu

Salah satu keluarga yang peduli pada hewan langka ini mengelola dari Tahun 1982, keluarga ini sangat peduli akan habitat laut. Pengalaman dan informasi yang dimilikinya membuat kita banyak mendapatkan ilmu dan pentingnya menjaga habitat laut demi kelestariannya.

Untuk berkunjung di tempat pengangkaran penyu ini tidak di pungut biaya, namun ada kotak kecil warna coklat dekat pintu masuk yang maksudnya adalah kotak untuk membeli makan penyu–penyu, itu pun jika kita berkenan untuk mengisi kotak tersebut. Karena peran pemerintah belum dirasakan sampai saat ini untuk mengelola dan memelihara penyu-penyu tersebut. Pengunjung diperbolehkan untuk mengelus, menggendong serta berfoto kepada penyu-penyu yang berada di penangkaran.

Fasilitas Pantai Batu hiu belum tesedia dengan lengkap, karena lokasi Pantai Batu Hiu masih di sekitar pedesaan sehingga hal ini yang dapat menghambat pengunjung untuk berwisata ke sana. Walaupun fasilitas belum lengkap, banyak wisatawan yang berkunjung, baik dari domestik maupun mancanegara.

Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Batu Hiu

  1. Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 3.300,-
  2. Sepeda Motor Rp. 7.500,-
  3. Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 19.500,-
  4. Kendaraan Jenis Carry Rp. 36.000,-
  5. Kendaraan Penumpang Besar Rp. 51.500,-
  6. Bis Kecil/Elf/Commuter Rp. 80.000,-
  7. Bis Sedang Rp. 104.000,-
  8. Bis Besar Rp.172.000,-

Posting Lebih Baru Posting Lama

    Share This

0 komentar:

Posting Komentar

comments by Disqus